Rendahnya
Motivasi Belajar, Guru Optimalkan Strategi Pembelajaran
Singaraja, 11 November 2013
Guru tidak hanya mengajar, tetapi juga
mendidik, membimbing dan memotifasi siswanya dalam belajar. Siswa memiliki
kemampuan yang berbeda-beda dalam belajar. Keberhasilan belajar siswa ditunjang
oleh kemampuan seorang guru. Penerapan strategi yang tepat akan meningkatkan
keberhasilan belajar siswa.
Siswa harus memiliki motivasi belajar
sendiri. Rendahnya motivasi belajar siswa akan menyulitkan guru untuk menciptakan
kelas yang kondusif. Guru lebih mengoptimalkan strategi pembelajaran untuk
meningkatkan motivasi belajar siswa. Salah satu sekolah yang siswanya masih
memiliki motivasi belajar yang rendah adalah SD N 1 Banjar Tegal khususnya
kelas IV pada tahun ajaran 2013-2014.
Siswa kelas IV disekolah ini sebagian
besar mengalami masalah pada saat pembelajaran. Kurang memperhatikan penjelasan
guru, kurang antusias mengikuti pembelajaran, sering tidak mengerjakan Tugas,
tidak bisa membaca dengan jelas, baik dan lancar. Minimnya motivasi belajar
pada siswa, guru berupaya untuk mengoptimalkan strategi pembelajaran, selain
strategi, guru juga mengoptimalkan metode yang digunakan pada proses KBM
(Kegiatan Belajar Mengajar). Wali kelas IV (Ni Made Wiwik Andini) mengatakan bahwa
siswa-siswi kelas IV memang benar mengalami kesulitan belajar di setiap
menerima mata pelajaran di kelas. Tidak hanya wali kelas IV saja yang
mengatakan demikian, tetapi juga guru bidang studi yang lain seperti Agama dan
Bahasa Bali.
Faktor-faktor yang mempengaruhi siswa
tidak mampu untuk mengikuti pembelajaran disebabkan karena beberapa faktor yaitu
internal dan eksternal. Faktor internal berasal dari diri sendiri, faktor
eksternal berasal dari luar (lingkungan rumah, dan lingkungan sekolah), pergaulan
siswa dan peranan orang tua. Strategi pembelajaran yang digunakan guru, dengan
mencoba atau merubah metode, dengan metode talking stik, media gambar, dengan
media tersebut akan dapat memberikan dorongan atau motivasi kepada siswa, yang
akan membuat siswa lebih senang mengikuti pelajaran. Para guru harus mampu
mengembangkan strategi pembelajaran. Sarana prasarana mesti di sediakan di
sekolah agar dapat mendukung siswa dalam belajar. Permasalahan-permasalahan
yang dihadapi siswa yang mengakibatkan rendahnya motivasi belajar dapat
dicarikan solusinya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar